Minggu, 09 Maret 2008

PAGI INI PEMILU MALAYSIA DIGELAR

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Rakyat Malaysia pagi ini akan melangsungkan Ppemilihan Umum Parlemen. Pemilu Malaysia kali ini diikuti dua kubu, yakni Abdullah Badawi dan lawannya Datu Sri Anwar Ibrahim. Reporter Metro TV Aswandi As`an melaporkan, keduanya kini berada di Penang, negara bagian Malaysia. Anwar Ibrahim berada di Pramatang Pau, pinggiran Penang. Sedangkan Abdullah Badawi berada di Kepala Batas.
Pemilu Parlemen Malaysia akan dimulai pukul 08.00 waktu malaysia atau pukul 07.00 WIB. Pemilihan akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Dan penghitungan surat suara diperkirakan bisa selesai pada pukul 22.00 WIB.
Proses pemilu di Malaysia sebenarnya tidak terlalu rumit dibanding pelaksanaan pemilu di Indonesia. Ini tak lepas dari jumlah pemilih yang hanya sekitar 10,9 juta dari 26 juta penduduk Malaysia. Dari 10,9 juta itu terdapat sekitar 200 ribu lebih pemilih undi pos, yakni polisi dan tentara serta warga Malaysia yang tidak berada di kawasan Negeri Jiran.
Para pemilih undi pos Mereka akan memberikan hak suaranya melalaui pos. Hal inilah yang dikhawatirkan terjadi kecurangan. Apalagi, tim pemantau pemilu di Malaysia ini sangat minim.
Malaysia menganut sistem multipartai. Hampir seluruh partai di negeri ini dibentuk berdasarkan nama etnis. Suruhan Jaya Pilihan Raya atau Badan Pemilu Malaysia mencatat 27 partai yang akan bertarung dalam pemilu. Meski demikian, tidak semua partai ikut dalam pemilu saat ini. Tercatat hanya 17 partai dipastikan ikut pemilu.
Dari jumlah itu, 14 di antaranya bergabung dalam Partai Barisan Nasional sebagai partai yang berkuasa. Partainya Abdullah Badawi. Sedangkan tiga partai lainnya memilih menjadi partai oposisi. Tahun 2004 lalu Barisan Nasional merebut 92 persen suara. Tahun ini diperkirakan perolehan suara akan menurun dengan munculnya mantan Wakil Perdana Menteri Anwar ibrahim yang bergabung dalam partai oposisi.(DEN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar