DUA PATOK DI PERBATASAN RI-MALAYSIA SEMPAT HILANG

|

Metrotvnews.com, Nunukan: Dua buah patok perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Induk, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, sempat hilang tertimbun tanah selama puluhan tahun. Patok tersebut adalah patok 4 dan patok 6. Bahkan saat ini patok 4 yang berada di perkebunan coklat milik warga sempat dinyatakan hilang.
Patok yang memiliki kordinat 94 di titik 37, titik 60, dan titik 61 tersebut ditemukan kembali oleh pasukan penjaga perbatasan, setelah melakukan pencarian selama tiga tahun dengan Global Positioning System (GPS), yaitu suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Patok 4 yang tertimbun sedalam 1 meter ini diperkirakan tertimbun tanah akibat erosi Sungai Aji Kuning yang berada di samping patok.
Sementara patok 6 yang juga berada di Desa Aji Kuning juga sempat hilang akibat tertutup tanah pembangunan jalan. Sedangkan 14 patok lainnya saat ini masih dalam kondisi baik, bahkan warga sekitar memberi pagar kawat berduri di atas patok batas negara tersebut. Sejumlah informasi menyatakan bahwa patok tersebut dibangun sekitar tahun 1912 hingga 1913 oleh pemerintah Belanda dan Inggris.(RIZ)

0 komentar: