BARISAN NASIONAL TAK MAMPU RAIH DUA PERTIGA KURSI

|

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Barisan Nasional hampir dipastikan memenangkan pemilu legislatif Malaysia. Namun, koalisi partai berkuasa ini tak mampu meraih dua per tiga kursi parlemen. Perhitungan sementara pemilu legislatif Malaysia, Ahad (9/3), Barisan Nasional meraih 139 kursi. Sedangkan koalisi partai oposisi meraih 83 kursi.
Barisan Nasional pimpinan Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi tak hanya tidak memenuhi target dua pertiga kursi di parlemen. Bahkan, mereka harus kehilangan kontrol atas lima negara bagian yang kini dikuasai partai oposisi. Kelima negara bagian adalah Kedah, Kelantan, Perak, Penang dan Selangor.
Kekalahan di sejumlah daerah itu marak diberitakan media massa Malaysia. Sejumlah pengamat di Malaysia menilai hasil pemilu kali ini menjadi tamparan yang sangat berat bagi pemerintahan Badawi. Diduga ini akibat kebijakan pemerintah yang selama ini dinilai diskriminatif, perilaku korupsi dan biaya hidup yang akhir-akhir ini dirasakan memberatkan rakyat Malaysia.
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mendesak PM Ahmad Badawi mundur dari jabatannya menyusul hasil buruk yang diraih koalisi partai berkuasa sejak tahun 1969. Pihak oposisi menilai hasil pemilu kali ini menunjukkan sikap rakyat Malaysia yang tidak takut untuk berubah. Oposisi yakin rakyat Malaysia sudah terbuka matanya dan menginginkan reformasi dan perubahan.(BEY)

0 komentar: