MALAYSIA PEMILU HARI INI

|

Metrotvnews.com, Jakarta: Malaysia memulai pemungutan suara pemilihan umum, Sabtu (8/3) pukul 08.00 atau pukul 07.00 WIB. Masyarakat setempat antusias mengikuti pemilu ini. Bahkan, mereka telah mengantre di tempat pemungutan suara (TPS) sebelum pemilihan dimulai. Hal itu terlihat di salah satu TPS di Sekolah Kebangsaan, Tri Pennanti, Permatang Pauh, Kota Penang.
Penang menjadi pusat perhatian pada pemilu kali ini. Kota ini adalah tempat kelahiran Perdana Menteri (PM) Malaysia Abdullah Ahmad Badawi dan mantan PM Anwar Ibrahim yang bersaing dalam pemilu ini. Badawi lahir di kawasan Kepala Batas. Sedangkan Anwar lahir di kawasan Permatang Pauh. Untuk memenangkan pemilu, Badawi telah ada di Penang sejak empat hari silam. Tadi malam, ia masih berceramah di Kepala Batas. Begitu pula Anwar masih berkampanye di Permatang Pauh.
Meski tak ada masa tenang memasuki masa pemungutan suara, kampanye di Malaysia cukup rapi. Tak ada pula badan pengawas pemilu khusus seperti Pantia Pengawas Pemilu di Indonesia. Sementara badan independen pengawas pemilu yang sempat ada telah mengundurkan diri karena usulan penggunaan tinta permanen ditolak.
Sementara itu, pengamanan selama pemilu diperketat. Sebanyak 66 ribu personel diterjunkan untuk mengamankan pemilu. Titik fokus pengamanan yakni di negara bagian di semanjung kawasan pantai timur seperti di Kelantan, Pahang dan Trengganu. Tensi politik di kawasan tersebut dinilai cukup tinggi.(BEY)

0 komentar: